Subhanallah ditengah kesibukan masih sempat shalat..

Sholat Bukan Hanya Kewajiban Melainkan Kebutuhan, - Saya yakin sobat semua sudah tahu apasih fadhilah-fadhilah sholat itu, dimana sholat memiliki fadhilah-fadhilah yang amat besar diantaranya sholat dapat menenangkan jiwa, sholat dapat melapangkan rizki, sholat dapat menghilangkan kesusahan dan masih banyak lagi fadhilah-fadhilah yang lain. Oleh sebab itu, tutur Romo Yai Kh. Jamaludin Ahmad Tambak Beras Jombang “Sholat adalah soko gurunya ibadah”.

Bukan hanya itu, Sholat adalah amalan pertama kali yang akan dikhisap oleh Allah ketika hari kiamat. Namun dalam kali saya bukan membahas masalah fahilah-fhadilah sholat, tetapi saya ingin mengajak yuk mari kita rubah paradigma kita, merubah mindset kita bahwa sholat bukan hanya sebuah kewajiban hamba, tetapi sholat adalah kebutuhan hamba.
Sadarlah kawan, kita manusia ini sebagai hamba dan pasti membutuhkan Allah, Allah tidak butuh kita. Begitu juga sholat, jadikan sholat sebagai helm bukan kepala, kepalalah yang butuh helm bukan helm yang butuh kepala artinya sholat adalah kebutuhan buat kita. Kenapa demikian sebagai orang yang beriman, Sholat merupakan dialog seorang hamba kepada Tuhannya, Sholat merupakan media untuk beraudiensi langsung kepada Sang Kholik Allah Robbal Alamin. Sholat juga merupakan mi’rajnya orang-orang yang beriman.

Sholat juga merupakan pendakian spiritual tertinggi untuk berdialog dengan Allah. Bahasa lain sholat diantaranya sholat disebut juga doa, disebut juga sujud, disebut juga ruku’ dan disebut juga dzikir, jadi sholat bukan hanya bacaan yang dihafalkan. Agar kita dapat memperoleh fadhilah-fadilah sholat maka hendaklah kila melakukan sholat dengan khusuk. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Ma’un: 4–5 “Celakalah bagi orang-orang yang sholat, yaitu orang-orang yang lalai dalam sholatnya”. Berdasarkan firman Allah SWT tersebut, meskipun kita sholat akan tetap celaka bila kita lalai, yang dimaksud lalai adalah tidak khusuk dalam sholat, tergesa-gesa, tidak tahu syarat dan rukunnya dan teledor dalam waktu sholat atau selalu mengakhirkan waktu sholat.

Sebaliknya sholat dapat membersihkan jiwa kita sebagaimana yang dikiaskan oleh Rasulullah SAW, orang sholat wajib 5 waktu ibarat orang yang didepan rumahnya ada sungai lalu orang tersebut mandi 5 kali dalam sehari semalam pasti ia akan bersih. Artinya jika orang sholatnya benar pasti akan tercermin pada semua kehidupannya, baik perbuatannya maupun perkataannya. Agar kita termasuk dalam orang-orang tidak lalai dalam sholatnya marilah kita rubah paradigma sholat mulai sekarang.

Dan dibawah ini beberapa tips agar sholat kita bisa khusuk:
1. Sebelum Sholat baca Istighfar 3 x
2. Lalu baca 2 kalimah syahadat 2x
3. Kemudian baca surat An-Nas 1x
4. Ketika sudah takbiratul ihkram berserah diri kepada Allah, dan merasalah
    - Kita menghadap Kiblat
    - Ditelapak kaki kita jembatan Siratal Mustakim
    - Samping kanan kita surga
    - Samping kiri kita nerakaDibelakang kita sudah ada Malaikat Izroil yang menunggu kita
5. Selalu berdzhikit bahwa Allah SWT selalu mengawasi lahir batin kita, Allah selalu melihat kita, sehingga hati - kita tidak kemana-mana.
6. Menghayati setiap bacaan dalam sholat.


Nasehat buat saya sendiri jangan sampai meninggalkan sholat 5 waktu karena itu bukan hanya sebuah kewajiban hamba kepada Tuhannya tetapi sholat adalah kebutuhan buat kita. Semoga Allah SWT menjadikan kita termasuk orang-orang yang pandai bersujud dan tidak menjadikan kita masuk ke dalam golongan orang-rang yang lalai dalam sholatnya.